Jumat, 12 Maret 2010

ASAS BIMBINGAN & KONSELING

ASAS BIMBINGAN & KONSELING

Terdapat 12 asas dalam pelaksanaan Bimbingan & Konseling, yang merupakan penentu keberhasilan dari Bimbingan & Konseling tersebut.
1. Rahasia : Seorang guru pembimbing atau konselor harus merahasiakan data tentang masalah-masalah orang yang dibimbingnya, agar orang yang dibimbing menaruh kepercayaan kepada konselor atau gur pembimbing sehingga kegiatan tersebut dapat berhasil dengan baik.
2. Sukarela : Harus adanya kesukarelaan dari pihak konseli (klien). Karena apabila ada unsur paksaan maka kegiatan ini tidak dapat berjalan. Oleh karena itu konselor atau guru pembimbing harus memeberikan pengertian terlebih dahulu kepada konseli (klien).
3. Terbuka : Konseli (klien) harus bersifat terbuka dalam mengungkapkan masalah yang menimpa dirinya maupun dalam menerima informasi untuk kebaikan dirinya. asas ini sangat tergantung pada asas no 1 & 2. Dan konselor harus bersifat terbuka dan tidak berpura – pura.
4. Kegiatan : Menghendaki agar konseli (klien) berperan aktif dalam kegiatan Bimbingan .
5. Mandiri : Mengharapkan agar konseli mandiri . dan dapat mengenal dirinya sendiri dan lingkungannya.
6. Kini : Objek sasaran masalah pada klien yang sekarang. Tidak melihat pada masa lalu klien atau hal yang akan terjadi mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar